Saturday, March 22, 2014

Pengalaman Berorganisasi

    Selamat siang semuanya, hari ini saya akan menceritakan pengalaman saya sewaktu aktif dalam berorganisasi, baik organisasi dalam sekolah maupun luar sekolah. Pada saat saya masih dalam bangku SMP dan SMA, saya  pernah mengikuti organisasi yang bernama ROHIS ( Rohanis Islam ), di SMP-lah pertama kali saya ikut dalam organisasi. Tetapi yang akan saya ceritakan hanya pengalaman  berorganisasi pada saat saya masuk SMA.

    Dalam organisasi ROHIS di SMA yang pernah saya alami, saya pernah menjabat sebagai humas pada saat acara Mauliid Nabi Muhammad SAW dan di tahun selanjutnya di acara yang sama saya menjabat sebagai seksi dokumenter. Dalam ROHIS saya juga pernah menjabat sebagai ketua Marawis. Dalam kegiatan marawis saya juga bertanggung jawab untuk mementori teman-teman saya. Terkadang diluar lingkungan sekolah, team marawis sekolah saya juga sering dipanggil untuk mengisi acara seperti pernikahan, sunatan ,dll. Selain kegiatan marawis di ROHIS saya juga mengikuti kegiatan lain seperti Nasyid, dan alhamdulillah nasyid yang saya ikuti mendapatkan juara ke-3 dalam lomba nasyid tingkat kecamatan tanjung priuk.

    Selain organisasi disekolah seperti Rohis maupun Osis yang ada disekolah. Di lingkungan kampus juga banyak organisasi seperti, Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis (IOMS), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). contoh kecilnya dikampus saya ada yang namanya BEMFIKTI (Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi), HIMSI (Himpunan Sistem Informasi), SEF (Syariah Economy Forum) dan banyak lagi.

    Dalam pengalaman saya diatas dapat kita maknai bahwa organisasi dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab bagi kita semua, rasa percaya diri dalam memimpin organiasasi dan rasa kekompakan yang tumbuh dalam organisasi dapat menumbuhkan solidaritas yang tinggi dalam organiasi. Kesimpulan yang  saya dapat adalah, organisasi merupakan suatu wadah untuk menyalurkan kreatifitas, kita dapat bertukar fikiran terhadap sesama anggota organisasi. Jadikanlah organisasi sebagai pengalaman hidup anda dalam menumbuhkannya rasa percaya diri dan tanggung jawab

0 comments:

Post a Comment