Saturday, January 4, 2014

Buang Angin

Buang Angin


     Buang Angin, yahh... pasti semua orang pernah dalam 1 hari mengeluarkan gas yang didalam perutnya. Istilah buang angin atau kentut ini sudah tak asing lagi ditelinga, mungkin sebagian orang merasa malu dan segan untuk mengeluarkannya karena takut berbunyi keras dan berbau. Padahal, secara ilmu kedokteran, Buang Angin itu adalah hal wajar dan sangat sehat. Munculnya suara kentut disebabkan karena adanya getaran saat gas dari perut dikeluarkan lewat lubang anus yang sempit. Nyaring atau tidak suaranya ditentukan pada kecepatan dan banyaknya gas yang dikeluarkan. Terkadang cuaca dilingkungan sekitar dapat mempengaruhi terjadinya buang angin.

    Lebih bahayanya lagi jangan menahan kentut yang seharusnya dikeluarkan. Karena, kentut yang ditahan akan berdampak buruk bagi kesehatan, seperti wasir atau sembelit.  Bahaya kentut juga dapat mengakibatkan kembung / begah, mengurangi nafsu makan, demam, menggigil, kelelahan berlebihan, mual, muntah dan rasa yang tidak nyaman. Berikut ini ada makanan dan minuman yang mengandung gas :

    1. Sayuran ; Kubis, ubi, tauge, kol jagung, kentang, dan brokoli.
    2. Buah     ;  Apel, persik, durian, dan pir.
    3. Makanan Bertepung ; Roti, sereal, dan pasta.
    4. Susu, keju, es krim, dan yogurt.
    5. Oetmeal.
    6. Kacang.
    7. Minuman-minuman ringan berkarbonasi atau banyak
         mengandung gas atau bersoda.

      Jika anda sering beraktifitas di ruangan ber-AC atau diluar ruangan yang sering terkena angin, hal ini bisa juga memicu banyaknya udara pada lambung. Jika tidak melakukan hal tersebut perut tetap kembung, mungkin anda kerkurangan enzim pada pencernaan, hal ini dapat dikonsultasikan pada dokter terdekat untuk pengobatannya.

0 comments:

Post a Comment