Saturday, November 1, 2014

Cara menampilkan spesifikasi komputer menggunakan dxdiag

Cara menampilkan spesifikasi komputer menggunakan dxdiag



DXDIAG (DIRECTX DIAGNOSTIC)

    DirectX Diagnostic Tools adalah jendela yang menampilkan informasi spesifikasi secara ringkas tentang semua Hardware (Components) dan Driver yang terinstall pada perangkat komputer. Cara mengetahui spesifikasi windows yang digunakan (dalam hal ini saya menggunakan windows 8) adalah dengan mengklik tombol windows + R pada keyboard anda, lalu open “dxdiag” dan akan muncul DirectX Diagnostic Tool.





   Sekarang Jendela DirectX Diagnostic Tools terbuka dengan Tab pertama adalah System. lewat tab ini Anda bisa melihat informasi ringkas yang terkait dengan System pada komputer Anda, Yaitu meliputi Computer Name, Jenis Operating System (OS), Bahasa, Prodursen/pabrikan komputer, Jenis processor, Memory (RAM) yang terinstall, Jenis Bios.




   Yang kedua adalah tab Display, yang memberikan informasi tentang Device dan Driver yang terkait dengan Display pada komputer Anda, disini Anda bisa melihat Manufacturer dari VGA (Video Graphics Array), Nama dan Jenis VGA, kapasitas resolusi maximal VGA, model dan versi Driver untuk VGA.




   Yang keempat adalah tab Sound 1, yang memberikan informasi tentang output audio untuk Speaker. tab Sound 2 akan muncul jika Anda memasang media speaker out seperti Headphones pada jack 3,5 pada Komputer (Desktop / Laptop) Anda. Jika tab Sound 2 muncul, maka memberikan informasi tentang output audio untuk Headphones.




   Yang kelima adalah tab Input, yang memberikan informasi tentang semua media input yang sedang terinstall pada perangkat komputer Anda, yaitu, USB Devices dan PS/2 Devices. Disini Anda bisa melihat sub dari informasi kategori utama dengan cara melakukan double-click atau melakukan klik pada tombol +, karena sub kategori dikemas dalam bentuk navigasi hirarki.




0 comments:

Post a Comment