Wednesday, November 13, 2013

Car Free Day

Car Free Day atau biasa yang disebut CFD ini adalah program yang mampu menghadirkan perbedaan yang luar biasa sejak 23 mei 2002 terbukti sukses mengurangi pencemaran udara. Program ini mampu menghadirkan perbedaan yang luar biasa. Yang pertama tentunya jalanan yang lebih lengang dan nyaman karena tak ada kemacetan, dan hal yang paling membahagiakan adalah kondisi kualitas udara yang berangsur membaik. Salah satu indikator yang dapat dilihat dari membaiknya kualitas udara adalah menurunnya kualitas debu dan polusi udara yang sangat naik tiap harinya di jakarta.



Dampak positif yang hadir dari penerapan CFD ini adalah masyarakat yang berolahraga makin meningkat. Ruas-ruas jalan yang ditetapkan sebagai kawasan CFD hampir selalu dipenuhi warga ibu kota yang berolahraga. Mulai dari sekedar jalan santai atau berlari, bersepeda bahkan ada juga yang bermain bola dan bulu tangkis. Kondisi ini berdampak langsung kepada peningkatan kualitas kesehatan masyarakat juga. Rasa penat dan letih bahkan stres akibat kemacetan selama hampir seminggu berusaha mereka obati dengan memanfaatkan CFD untuk berolahraga atau bersantai bersama keluarga. Tua muda, anak-anak hingga manula hadir dalam acara CFD ini. Tak heran jika banyak warga jakarta yang berharap CFD dilangsungkan lebih sering dan lebih luas.

Pada saat ini tercatat program CFD yang dilakukan di sepanjang ruas Jalan MH Thamrin , Tugu Selamat Datang di bundaran air mancur Hotel Indonesia, dan sepanjang ruas jalur cepat Jalan Jendral Soedirman yang dikenal sebagai Thamrin-Sudirman Car Free Day yang diadakan setiap hari minggu terakhir setiap bulannya, mulai pk06:00wib sampai dengan pk14:00wib. Sedangkan untuk ruas jalan yang lainnya dapat menghubungi Call Centre Kepolisian di nomor 117 untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Program CFD ini juga dapat dijumpai dikota-kota yang lainnya, seperti Bandung, Cimahi, Medan, Balikpapan dan lainnya. Kesadaran masyarakat akan program CFD ini menunjukan betapa kejenuhan mereka akan polusi dan kemacetan serta kerinduan akan udara yang bersih dan sejuk. Jika CFD sering di adakan, bumi akan kembali menjadi tempat tinggal yang nyaman.

Berikut adalah foto-foto Car Free Day yang diadakan di jakarta :










Bumi makin hari makin panas, es di kutub makin mencari kian harinya, cuaca yang berubah-ubah, Car Free Day adalah cara kecil untuk mengurangi tingkat polusi yang meningkat di ibu kota jakarta ini.

Kita masih perlu dan banyak belajar dari negara-negara maju yang juga berupaya memerangi pemanasan global. Seperti contohnya cara negara tetangga kita memerangi pemanasan global, Singapura. Singapura juga mengupayakan pengendalian polusi jalan raya dengan aturan lalu lintas yang diberlakukan. Mobil yang ingin melintasi ke pusat kota pada jam 07.30-18.30 harus menggunakan izin khusus yang harus dibeli. Nah, pelarangan tersebut membuat pengguna lalu lintas lebih bijak dalam berkendara, dan lebih memilih kendaraan umum. Selain itu, kendaraan bermotor termasuk angkutan umum juga harus menjalani uji emisi setiap tahun. dan sekarang kembali lagi ke Indonesia.

Apa saja yang udah dilakukan Indonesia dalam memerangi pemansan global? Mungkin sudah cukup banyak tapi, pelaksanaannya juga harus diperbaiki lagi. Contohnya, Jakarta memberlakukan uji emisi bagi kendaraan-kendaraan di ibukota. Seharusnya, jangan hanya kendaraan pribadi saja yang harus di cek. Tetapi semua kendaraan yang melintas, baik kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Karena, ga hanya kendaraan pribadi aja yang menyumbang polusi. Tapi kendaraan umum juga ikut ambil bagian dalam penyumbang polusi di Jakarta. Jadi pemeriksaannya harus rata tanpa terkecuali supaya polusi bisa semakin berkurang.Dan yang paling utama adalah kesadraan pada diri kita masing-masing untuk menjaga linkungan kita masing-masing agar tingkat polusi berkurang tiap harinya. Mudah-mudahan di selenggarakannya car free day ini mampu memecahkan salah satu persoalan yang melanda dunia ini.

0 comments:

Post a Comment