Friday, July 1, 2016

Tugas Matakuliah Pengelolaan Proyek Sistem Informasi




Tugas Matakuliah
Pengelolaan Proyek Sistem Informasi





Nama Kelompok :

Anang Supriady                                (10112728)
Erick Bashir                                      (12112525)
Rani Anggraeni                                 (16112023)
Roy Yohanes Lumban Gaol             (16112708)



Universitas Gunadarma
Depok
2016



1. Latar Belakang Masalah
    Perkembangan  olahraga skateboard yang tumbuh dengan pesat di Indonesia sangat mempengaruhi para skateboarder untuk mencari informasi tentang skateboard, terutama untuk skateboarder pemula. Skateboarder di Indonesia saat ini ditunjang oleh sarana dan prasarana yang di sediakan oleh para penyelenggara atau pihak yang ingin mengenalkan olahraga skateboard yang masuk di Indonesia. Mulai dari Skate Park, Skate Shop, dan Majalah skateboard. Namun pada kenyataannya, sarana dan prasarana ini masih belum cukup untuk meningkatkan minat para skateboarder yang khususnya untuk para pemula.

Kemajuan teknologi berkembang sangat pesat. Penggunaan teknologi sudah tersebar diberbagai bidang termasuk dalam bidang ilmu pengetahuan dengan ditemukannya metode-metode baru dalam cara pembelajaran. Augmented Reality (AR) merupakan salah satu teknologi yang sedang berkembang sangat pesat dengan menggabungkan objek atau dunia virtual kedalam bentuk nyata secara real time.

Dengan pemanfaatan teknologi Augumented Reality ini, diharapkan dapat membantu para skateboarder pemula untuk belajar trik skateboard. Oleh karena itu dibuatlah penelitian pembuatan aplikasi  tentang “Pengenalan Trik Skateboard Menggunakan Teknologi Augumented Reality Berbasis Android ” yang nantinya menjadi sebuah perkembangan dalam dunia teknologi sekaligus juga dalam perkembangan pengenalan trik skateboard.

2. Batasan Masalah
    Pada penulisan ilmiah ini penulis membuat Augmented Reality untuk menunjukan trik skateboard menggunakan Autodesk 3D Studio Max 2012, Vuforia, Unity 3D 4.6.5 yang akan ditampilkan dalam bentuk 3D dengan mengarahkan kamera dan memindai objek yang tersedia untuk menampilkan gambar 3D. Aplikasi ini ditujukan untuk para skateboarder pemula agar mengetahui trik skateboard dengan desain 3D. Adapun jenis-jenis trik skateboard yang akan ditampilkan adalah Kickflip, Heelflip, Impossible, FS 360 Pop Shove-it, dan BS 360 Pop Shove-it.

3. Tujuan Penulisan
    Tujuan dari penulisan ini adalah menampilkan trik skateboard dengan desain 3D, dengan memanfaatkan teknologi Augumented Reality sebagai media pengenalan trik skateboard. Aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan para skateboarder pemula dengan presentasi yang menarik dan dapat meningkatkan pengetahuan para skateboarder pemula tentang trik skateboard.

4. Kelebihan dan Kekurangan
    Aplikasi ini memiliki kelebihan diantaranya, tampilan berbentuk 3D sehingga skateboarder pemula dapat melihat dengan nyata bentuk skateboard maupun gerakan trik yang dilihat secara nyata, pada bagian halaman trik skateboard terdapat tampilan trik / gerakan skateboard berdasarkan keterangan cara melakukan trik agar skateboarder pemula dapat memahami trik yang diinginkan. Kekurangannya, untuk menjalankan aplikasi ini harus berada dilokasi dengan pencahayaan yang terang, apabila berada dalam lokasi gelap atau memiliki pencahayaan yang kurang maka kamera tidak dapat membaca marker sehingga objek skateboard tidak dapat ditampilkan.


Berikut adalah Screen Shot dari aplikasi yang telah dibuat dan diinstall di handphone Google Nexus 5 :
1. Splash Screen



2. Halaman Menu Utama


3. Halaman Skateboard


 4. Halaman Trik Skateboard
   

5. Halaman Kicklflip


6. Halaman Heelflip


7. Halaman Impossible


8. Halaman FS 360 Pop shove-it


9. Halaman BS 360 Pop shove-it


10. Halaman Tentang Aplikasi




    1 comment: