Saturday, January 4, 2014

Pengalaman

Pengalaman


    Pengalaman adalah guru terbaik dalam hidup kita. Ungkapan ini sudah tak asing lagi ditelinga kita. Tak mungkin dalam kehidupan kita tak mempunyai pengalaman. Pengalaman adalah suatu kejadian yang terjadi menimpa diri kita pada masalalu baik pengalaman buruk maupun pengalaman baik. Pengalaman-pengalaman tersebut dapat kita jadikan sebagai motivasi, pelajaran, pengarahan kita menuju masa depan yang lebih baik. 

    Pengalaman baik maupun buruk yang kita dapatkan adalah terjadi pada diri kita sendiri bukan atas peristiwa yang menimpa orang lain dan hanya diri kita sendiri yang bertanggung jawab atas semua akibat yang telah kita perbuat dimasa lalu. Seperti halnya orang bergaul, jika kita tidak berfikir secara matang untuk bergaul dengan siapa. Kita dapat ikut terjerumus dalam pergaulan tersebut. Salah bergaul kita akan mendapati hal yang buruk tanpa kita ketahui sebelumnya. Contoh kecilnya jika kita bergaul dengan seorang pemabuk, lama kelamaan sifat kita mengikuti sifat-sifat dari seorang pemabuk. Kita suka membuang-buang uang untuk membeli minuman ber-alkohol, tubuh kita sakit akibat minuman tersebut, memperkosa perempuan karena terpengaruh oleh minuman alkohol, dan juga kita dikucilkan oleh orang-orang yang kita sayangi akibat perilaku tersebut. Sehingga kita mempunyai pengalaman yang buruk. Lain cerita jika kita bergaul dengan orang yang suka berdagang atau berbisnis. Semua sifat-sifat dan jiwa yang dimiliki oleh pembisnis, akan tertular dengan diri kita. Kita menjadi tahu seluk beluk bisnis itu seperti apa, bagaimana cara berbisnis dengan benar, dan semua manfaat yang didapatkan menjadi dampak yang baik untuk kehidupan kita kedepannya. Sehingga bukan pengalaman buruk yang kita dapatkan, melainkan pengalaman baiklah yang kita dapatkan.

    Pintar-pintarlah dalam bergaul, jangan asal bergaul jika kita tidak ingin terjerumus kelembah hitam. Jika kita terjerumus kelembah tersebut, sangat sulit untuk keluar dari lembah hitam tersebut. Jika kita bisa keluar dari lembah hitam tersebut, jadikanlah pengalaman dan motivasi dalam hidup kita agar tidak terjatuh dilubang yang sama. Ceritakanlah semua pengalaman-pengalaman yang telah kita lalui kesemua orang disekitar kita, agar mereka tidak masuk kelembah hitam dan agar mereka tahu pengalaman baik itu seperti apa dan pengalaman buruk itu seperti apa.

0 comments:

Post a Comment